Rekomendasi Lagu-lagu untuk Check Sound

Bagi orang yang berkecimpung dalam dunia produksi tata suara, kegiatan yang sering disebut sebagai sound check atau cek sound merupakan salah satu hal penting dalam persiapan sebuah event. Setiap lagu yang diputar bukan semata lagu yang sedang trend atau Fomo, namun memiliki tujuan penting untuk menyeleraskan tata suara demi terwujudnya penyelenggaraan acara yang memuaskan semua pihak.

 

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut lagu-lagu yang cocok digunakan untuk sound check sebuah event:

  1. Jennifer Warners – The Hunter

Lagu yang dirilis pada tahun 1992 dan menjadi bagian dari album yang juga diberi tajuk The Hunter ini disebut cocok untuk mengecek suara perkusi drum.

  1. Andrew Holmes – Phoenix

Lagu yang dirilis pada tahun 2021 ini disebut cocok untuk mengecek subwoofer.

  1. Norah Jones – Don’t Know why

Lagu yang dirilis pada tahun 2002 sebagai sebuah single ini disebut-sebut cocok untuk mengecek posisi vokal. Suara Norah yang natural tepat di depan anda.

  1. Kenny G – Forever in Love

Lagu yang dirilis pada tahun 1992 menjadi bagian dari album berjudul Breathless ini cocok untuk mengecek kondisi suara middle.

  1. Toto – I Will Remember

Siapa yang tak menggunakan lagu ini untuk keperluan check sound. Lagu yang dirilis pada tahun 1995 menjadi bagian dari album Tambu ini cocok untuk mengecek deretan instrumen, termasuk drum atau perkusi dan piano yang memang terlihat menonjol dalam lagu.

  1. Jeff Buckley – Everybody Here wants you

Lagu yang dirilis pada tahun 1998 menjadi bagian dari album Sketches for My Sweetheart The Drunk ini cocok untuk mengecek penyesuaian speaker.

  1. Kari Bremnes – Glem Ikkje

Lagu yang dirilis pada tahun 2017 menjadi bagian dari album Det vi har ini disebut sebagai lagu paket komplit untuk check sound.

  1. Joan Baez – Diamond and rust

Lagu yang dirilis pada tahun 1975 ini menjadi bagian dari album Diamons & Rust, terdapat vokal yang kuat dan detail suara instrumen musik yang menyebar di panggung.

  1. Alicia Keys – No One

Lagu yang dirilis pada tahun 2007 menjadi bagian dari mini album (EP) Alicia Keys bertajuk No one, terdapat kejernihan vokal dan suara latar belakang yang luas.

  1. Eagles – Hotel California

Lagu lama yang dirilis pada tahun 1976 menjadi bagian dari album dari Eagles bertajuk album. Terdapat kejernihan dan kedinamisan solo gitar di awal lagu serta kekuatan pukulan drum.

  1. Black Eyes Peas – Boom boom Pow

Lagu yang dirilis pada tahun 2009 menjadi bagian dari album THE E.N.D (The Energy Never Dies). Terdapat ketukan bass yang bertenaga dan akurat, termasuk pada volume besar.

  1. Imogen Heap – Hide and seek

Lagu yang dirilis pada tahun 2005 menjadi bagian dari album Speak For Yourslef, terdapat suasana yang menyelimuti lagu menghasilkan vokal dinamis dan terbuka.

  1. Mark Keali’I Ho’omalu – He Mele No Lilo (dari film Lilo and Stitch)

Lagu yang dirilis pada tahun 2002 menjadi bagian dari album Lilo and Stitch OST. Dalam lagu tersebut terdapat suasana dan tata panggung dari paduan suara anak-anak, diimbangi ketukan bass bertenaga.

  1. Johnny Cash – Bird on a wire

Lagu yang dirilis pada tahun 1994 menjadi bagian dari album American Recordings, terdapat kejernihan suara khas Johnny dan suara gitar yang natural.

  1. Radiohead – Packt Like Sardines in a Crsuhd Tin Box

Lagu yang dirilis pada tahun 2001 menjadi bagian dari album Amnesiac,      terdapat pukulan kuat bass perkusi dan dentingan drum logan.

 

Masih banyak lagu yang direkomendasikan untuk kebutuhan check sound. Umumnya, lagu-lagu yang disarankan menonjolkan pada bagian tertentu sehingga bisa menjadi patokan dalam penyesuaian settingan audio. Dalam pelaksanaannya, meskipun simpel namun penting dilakukan bahwa keseluruhan lagu yang direkomendasikan tersebut harus diputar dengan format WAV, bukan file Mp3, karena pastinya berpengaruh terhadap kualitas suara.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini