Fraksi NasDem DPRD DKI Minta Pemprov Berikan Rincian Detail Rp600 Triliun untuk Jadikan Jakarta Kota Global

Pemerintah Daerah Khusus Jakarta (DKJ) memerlukan anggaran Rp600 triliun untuk mengubah Jakarta menjadi setara kota global.  Hal tersebut disampaikan Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) DKI, Joko Agus Setyono

Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, meminta, rincian detail dari Pemprov Jakarta terkait kebutuhan Rp600 triliun tersebut.

“Kami DPRD Jakarta belum diberikan paparan lengkapnya Rp600 triliun itu komponen apa saja. Saya rasa perlu segera dijelaskan oleh pemprov,” kata Wibi di Jakarta, Kamis (11/7).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jakarta itu menerangkan, anggaran yang dibutuhkan dengan nilai APBD DKI Jakarta saat 2024 memiliki gap yang terlalu jauh.

Pasalnya, total APBD DKI pada tahun ini hanya Rp 84 triliun. Sedangkan kebutuhan penataan daerah menjadi Kota Global mencapai Rp600 triliun.

“Jaraknya jauh itu tentu Jakarta tidak bisa berharap dari APBD saja perlu pembahasan yang mendetail dari mana sumber pendapatan lain ya untuk menutupi target kota Jakarta sebagai kota global,” urainya.

Sebelumnya, Sekdaprov DKI Jakarta, Joko Agus Setyono mengatakan, Pemprov DKI Jakarta membutuhkan anggaran Rp 600 triliun untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global.

Lanjut Joko, besaran anggaran Rp 600 triliun itu diperoleh berdasarkan kalkulasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta.

“Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta telah mengkalkulasi atau menghitung sebenarnya kebutuhan kita untuk bisa setara dengan kota-kota global lainnya di dunia membutuhkan anggaran sekitar Rp 600 triliun,” ucap Sekda Joko disambut tepuk tangan peserta yang hadir dalam acara Sosialisasi Undang-Undang No.2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Selasa (9/7).

 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini