Pemkot Tangerang Siap Gelar Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Digelar 5-9 Agustus

Program makan bergizi gratis, yang merupakan salah satu materi kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, akan diujicobakan di Kota Tangerang, Banten, pada 5-9 Agustus mendatang. Kegiatan bakal menyasar 20.157 siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan sekolah yang menjadi sasaran. Ada 20 sekolah yang menjadi titik pelaksanaan makan bergizi gratis, yang sebelumnya bernama makan siang gratis.

“Kami berharap proses realisasi proyek percontohan ini di Kota Tangerang dapat berjalan lancar serta mampu diadopsi secara nasional,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (13/7). Kota Cilegon juga menjadi salah satu daerah pelaksanaan proyek percontohan program makan bergizi gratis.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, sambung Herman, juga sudah merencanakan langkah-langkah strategis sebagai persiapan pelaksanaannya. “Mulai dari mekanisme penganggaran, pelaksanaan, pendistribusian, sampai uji coba sebelum direalisasikan awal bulan Agustus nanti sesuai dengan lini masa yang telah ditentukan.”

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, sebelumnya memaparkan program makan bergizi gratis kepada Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) di Jakarta.
Ia berharap, proyek percontohan ini menjadi model secara nasional mulai dari pemilihan sekolah hingga penyusunan mekanisme pengadaan hingga distribusinya, termasuk standar menu dan persiapan.

Staf Khusus (Stafsus) Sekretaris Jenderal Wantannas, Taviota Bay, mengapresiasi paparan serta kesiapan Pemkot Tangerang dalam mendukung proyek percobaan tersebut.

“Sangat bagus, terutama soal ide desain untuk kemasan makanan dan susu yang tadi ditampilkan, karena bisa menjadi masukan bagi kita semua dan pastinya akan menarik bagi anak-anak,” ucapnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini