Soal Blok Medan, KPK Buka Peluang Panggil Bobby dan Putri Presiden Jokowi Kahiyang Ayu

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil blok Medan atau Bobby Nasution dan istrinya yang merupakan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu.

Nama Bobby dan Kahiyang menguap dalam sidang kasus dugaan suap mantan Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba (AGK).

Juru bicara KPK Tessa Mahardika menyatakan, pihaknya membuka peluang memanggil Bobby-Kahiyang apabila keterangannya dibutuhkan.

“Apabila keterangan saksi yang dimaksud itu betul-betul dibutuhkan dalam rangka memperkuat keyakinan hakim memutus perkara, tentunya dapat dilakukan pemanggilan sebagaimana sudah ada juris prudensinya ya,” kata Tessa kepada wartawan, Selasa (6/8).

Tessa menjelaskan, fakta-fakta persidangan dalam kasus dugaan suap yang menjerat Abdul Gani Kasuba berpotensi dikembangkan, jika surat perintah penyidikan masih berjalan. Menurutnya, jaksa bisa memberi laporan kepada penyidik untuk menelusuri kaitan antara Abdul Gani dengan Bobby-Kahiyang.

“Apabila memang ada keterangan yang tidak terkait langsung, keterangan tersebut dapat dibuat dalam bentuk laporan pengembangan penuntutan untuk diserahkan kepada pimpinan dan diputuskan kemudian, dianalisa dalam hasil expose,” tegas Tessa.

Sebelumnya, nama Wali Kota Medan Bobby Nasution muncul dalam persidangan kasus dugaan suap mantan Gubernur Abdul Gani Kasuba di Pengadilan Negeri Ternate, Rabu (31/7). Nama itu keluar saat Kepala Dinas ESDM Maluku Utara Suryanto Andili bersaksi di persidangan.

Suryanto mengaku istilah Blok Medan merujuk pada Bobby Nasution. Hal ini karena diduga semasa menjabat, Abdul Gani kerap menggunakan istilah itu untuk menggambarkan pengurusan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Maluku Utara.

Jaksa KPK Andri Lesmana mempertanyakan kepada saksi Suryanto Andili terkait istilah Blok Medan.

“Kanapa Medan? Kan bisa saja Ternate atau Obi?,” tanya jaksa di persidangan, Rabu (31/7).

Mendengar pertanyaan jaksa, Suryanto mengamini bahwa istilah blok Medan merupakan nama orang. “Hanya itu saja yang saya tahu. Kalau tidak salah itu (istilah blok medan) Bobby Nasution,” jawab Suryanto.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini