Disurvei Elektabilitas NasDem Turun, Ini Kata Bestari Barus

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem), Bestari Barus, menjawab santai hasil survey Centre for Political Communications Studies (CPSP) yang menempatkan elektabilitas Partai NasDem terjun bebas menyisakan 2 persen dukungan. 

Anggota Tim Pemenangan Partai NasDem wilayah Jakarta-Banten itu justru mengatakan, terima kasihnya kepada lembaga survey itu yang rutin mengampanyekan Partai NasDem dan sikap politik partai besutan Surya Paloh itu. 

“Alhamdulillah. Semakin diliput, dibahas dan diulas serta disebar luaskan maka akan menjadi iklan kampanye gratis bagi Partai NasDem. Terimakasih kepada para pihak yang telah bersusah payah,” katanya saat dihubungi, Minggu (7/8). 

Dia mempertanyakan, motif survey VPSP itu. Sebab, kata dia, Partai NasDem dalam Rakernas beberapa waktu lalu mengusulkan tiga nama yang diproyeksikan menjadi calon presiden partai NasDem tahun 2024.

Ketiganya yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah yang juga politisi PDIP Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa. 

“Pertanyaan nyaa. Kenapa cuma dikatakan alasanya (melorot elektabilitas NasDem) karena mendukung Anies?

Kenapa bukan dikatakan karena dukung Ganjar ? atau juga karena dukung Andika Perkasa?,” katanya. 

Dia juga mempertanyakan independensi lembaga survey CPSP dalam melakukan survey. Sebab, sorotan hanya diarahkan pada sosok Anies Baswedan. Sementara Capres yang diusulkan oleh peserta Rakernas itu ada tiga orang. 

“Ini survey CPSP jadi pertanyaan yang  independen atau apa?,” katanya. 

Sebelumnya diberitakan, Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta menyatakan elektabilitas Partai NasDem terjun bebas menjadi 2,1 persen dalam survei terbaru yang mereka lakukan pada 22-27 Juli 2022. Padahal, pada survei April 2022, partai besutan Surya Paloh itu disebut memiliki elektabilitas mencapai 4,0 persen. 

“Keputusan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden membuat NasDem ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalis,” kata Tri Okta dalam keterangan tertulis pada Kamis (4/8/2022).

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini