Berstatus Pelajar, Zaki Raih 3 Emas di PON XX Papua

Meraih prestasi di bidang olahraga dan masih berstatus sebagai pelajar memang susah-susah gampang. Namun bila serius, hal itu sangat bisa. Artinya, sekolah jalan, prestasi pun bisa dicapai semaksimal mungkin.

Sebagai contoh, Zaki Malique, pelajar kelas 8 SMA Negeri 45, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dirinya sudah meraih tiga emas di PON XX Papua tahun lalu di cabang olahraga panahan.

“Kendala memang ada, seperti dipertanyakan teman siswa karena kadang minta izin guru saat mau ikuti latihan maupun pertandingan,” kata Zaki saat menjadi narasumber dalam acara Obrolan Prestasi Jakarta (OPJ) KONI DKI Jakarta, Kamis (25/8).

OPJ dengan tema ‘Antara Pelatda dan Sekolah’ ini juga menghadirkan Ferry Y Watimena MPd, Wakabid Pembinaan dan Prestasi KONI DKI Jakarta dengan host Yani, Kabid Humas KONI DKI Jakarta.

“Kalau bagi saya, sering diledekin teman karena kadang izin ke guru di sekolah, saya anggap jadi cambuk agar saya terus berprestasi di cabor panahan yang saya geluti. Semoga saja di PON XXI Aceh-Sumut 2024 nanti saya bisa raih prestasi seperti di PON XX Papua lalu,” ujar Zaki.

Sementara Ferry Y Watimena menjelaskan total atlet DKI Jakarta yang sudah mengikuti Pelatda 2022 mencapai sekitar 900 orang. Mereka dipersiapkan untuk menghadapi PON XXI Aceh-Sumut serta kejuaraan internasional lainnya.

“Sebagai mantan atlet panahan, saya sangat memahami berbagai macam kendala yang dihadapi para siswa untuk tetap berprestasi di cabor yang digeluti. Namun bila si siswa pintar mengatur waktu, prestasi itu pun bisa diraih maksimal,” ujarnya.

Jebolan SMA Olaharaga Ragunan dan kini magister olahraga ini menambahkan untuk siswa berprestasi terutama peraih medali emas, akan mendapat kemudahan untuk masuk ke perguruan tinggi.

“Si siswa berprestasi bisa mengajukan surat ke KONI DKI Jakarta, kemudian kami buatkan surat rekomendasi ke perguruan tinggi yang dituju. Bahkan perguruan tinggi swasta pun banyak yang menerima siswa berbakat di bidang olahraga untuk kuliah dan dapat beasiswa di kampusnya. Inilah manfaat riil dari siswa berbakat apalagi yang sudah terbukti bisa raih medali emas,” imbuh Ferry.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini