Sebagai bentuk apresiasi atas berbagai upaya peningkatan kualitas publikasi dan keterbukaan informasi kepada publik secara positif, Bank DKI berhasil meraih apresiasi sebagai badan publik dengan kategori ‘Menuju Informatif’ kategori Badan Usaha Milik Daerah pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi DKI Jakarta di Jakarta, Kamis (19/12).
Apresiasi yang diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Harry Ara Hutabarat dan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo, merupakan bagian dari pelaksanaan E-Monev Badan Publik Tahun 2024 di Jakarta.
Direktur Utama Bank DKI, Agus H. Widodo menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diterima oleh Bank DKI. Hal ini sejalan dengan langkah Bank DKI untuk terus menyediakan informasi yang transparan, dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.
“Sebagai badan publik, Bank DKI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan informasi yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Agus melalui keterangannya di Jakarta, Senin (23/12).
Sebanyak 226 badan publik di Jakarta meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dalam Penganugerahan E-Monitoring dan Evaluasi (E-Monev) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta, dengan memberikan sejumlah predikat yakni Informatif, Menuju Informatif, dan Cukup Informatif didasarkan pada hasil penilaian E-Monev tahun 2024.
Dalam keterangannya, Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa jumlah peserta E-Monev tahun 2024 mencapai 519 badan publik, sejalan dengan berbagai upaya untuk mendorong penerapan ‘Zona Informatif’ di masing-masing badan publik.
Lebih lanjut, Agus mengatakan penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi Bank DKI untuk terus memperbaiki kualitas layanan informasi publik dalam komitmen untuk menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
“Melalui penghargaan ini, semoga kami dapat terus memperkuat kepercayaan publik dan mendukung terciptanya entitas yang lebih terbuka, akuntabel, dan responsif,” ujar Agus.
Selaras dengan hal tersebut, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan Bank DKI senantiasa memanfaatkan berbagai saluran komunikasi terkini sebagai bentuk adaptif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
“Melalui berbagai pemanfaatan berbagai saluran komunikasi seperti website, sosial media, dan subportal PPID, Bank DKI berkomitmen dalam menguatkan keterbukaan informasi kepada publik sebagai pemenuhan hak dan kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan informasi,” tutup Arie.