Wow, Dalam 3 Bulan Terakhir Belanja Iklan Prabowo Paling Jumbo

Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto paling getol berkampanye di media sosial menjelang Pemilihan Presiden 2024. Hasil survei The Strategic Research and Consulting (TSRC), Menteri Pertahanan itu sudah merogoh koceknya Rp1,4 miliar untuk belanja iklan dalam tiga bulan terakhir Desember–Februari 2023.

Riset itu mencatat Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan kandidat yang paling aktif melakukan belanja iklan di Facebook selama tiga bulan terakhir.

Lalu, disusul Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto yang mengeluarkan anggaran hingga Rp647 juta, Politikus PDIP Puan Maharani mengeluarkan anggaran kampanye Rp223 juta.

Selain itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekitar Rp147 juta. Kemudian, bacapres Partai Nasdem Anies Baswedan dengan perkiraan anggaran iklan Rp2,5 juta.

Direktur Eksekutif TSRC, Yayan Hidayat, menyatakan, dalam rentang 90 hari terakhir terhitung dari Desember 2022 hingga Februari 2023, tim TSRC mengumpulkan data pengeluaran iklan dari berbagai kandidat bakal calon presiden yang bersumber dari Facebook Ads Library.

Facebook Ads Library adalah fitur yang memungkinkan publik melihat semua iklan yang di-posting di Facebook, Instagram, Facebook Messenger, dan Audience Network.

Baseline data ini digunakan untuk memotret data estimasi jumlah pengeluaran iklan yang telah dibayarkan oleh beberapa tokoh bakal calon presiden selama 90 hari terakhir.

Tim TSRC juga memotret wilayah persebaran iklan yang dilakukan oleh lima kandidat tersebut. Wilayah persebaran terbanyak berada di Jawa Barat dengan total 31%, diikuti Jawa Tengah 24%, Jawa Timur 23%, dan Sumatra Utara 12%.

“Terakhir ditempati wilayah Jakarta yang hanya menyumbang 10% dari total persebaran iklan,” katanya.

TSRC memperkirakan porsi belanja iklan yang dilakukan para bakal calon presiden (bacapres) di media sosial, seperti Facebook/Meta, Youtube, atau TikTok akan terus meningkat.

“Hal ini karena jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat besar,” katanya.

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini