Fasilitas Stasiun Pasar Senen Ditingkatkan Demi Kenyamanan Penumpang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan peningkatan layanan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang Kereta Api (KA).

Penyempurnaan fasilitas diwujudkan lantaran Stasiun Pasar Senen menjadi lokasi naik turun penumpang kereta baik KA jarak menengah/jauh maupun KRL di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Pengerjaan layanan Stasiun Pasar Senen seperti pembangunan eskalator, penambahan fasilitas AC di Zona 3 atau Hall, dan pembuatan double decker untuk parkir motor.

“Semua dilakukan guna memberikan rasa nyaman, di tengah peningkatan jumlah volume penumpang di Stasiun Pasar Senen,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Jumat (13/9).

Stasiun Pasar Senen terus ditata dengan penambahan area parkir, stand-stand makanan dan minuman yang lebih rapi, ruang terbuka hijau, serta alur kedatangan dan keberangkatan penumpang kereta api yang lebih teratur.

Selain itu, konektivitas dengan moda transportasi lain seperti busway dan layanan transportasi/taksi online kini jauh lebih tertata untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi perjalanan penumpang kereta api.

“Stasiun Pasar Senen saat ini melayani 32 perjalanan KA Jarak Jauh dan 52 perjalanan KRL dengan volume penumpang yang terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2021, volume penumpang kereta api jarak jauh mencapai 1.218.734 orang, selanjutnya meningkat secara signifikan sebesar 155,8 persen pada tahun 2022 menjadi 3.117.565 penumpang. Pada tahun 2023, jumlahnya kembali meningkat sebesar 30,73 persen menjadi 4.075.619 penumpang,” jelas Anne.

Anne menambahkan bahwa dari Januari hingga Agustus 2024 volume penumpang kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen telah mencapai 2.752.636 penumpang.

Sementara untuk KRL, ada peningkatan yang signifikan antara tahun 2022 dan 2023. Pada tahun 2022, jumlah pengguna KRL di Stasiun Pasar Senen adalah 2.454.306. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 38,16% pada tahun 2023 menjadi 3.391.023 pengguna.

“Dari Januari s.d Agustus 2024 pengguna KRL yang naik dan turun di Stasiun Pasar Senen bahkan sudah mencapai 2.674.650 pengguna. Kepercayaan masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan adalah semangat bagi KAI untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem transportasi terbaik bagi Indonesia dengan mengedepankan aspek keberlanjutan sebagai salah satu bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs) dalam setiap proses bisnis, terutama pelayanan terhadap pelanggan,” tutup Anne.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini