Intime – Kereta Api Indonesia (KAI) Group berhasil melayani 19.034.724 pelanggan selama periode Angkutan Lebaran periode 21 Maret – 4 April 2025.
Masa Angkutan Lebaran 1446 Hijriah, KAI Group menyediakan total 59.129.350 tempat duduk dari berbagai jenis layanan kereta api.
Sebagian besar kapasitas tersebut dialokasikan untuk kelas ekonomi, yakni sebesar 98 persen, meliputi 2.164.488 tempat duduk KA Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk KA Ekonomi Lokal.
“Layanan tersebut mencakup KA Lokal, Commuter Line, KA Perintis Makassar-Parepare, LRT Sumsel, KA Bandara, dan LRT Jabodebek,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba, Jumat (5/4).
Dari total 19.034.724 pelanggan, jumlah tersebut terdiri dari 3.097.168 pelanggan pengguna KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang dikelola KAI, 14.407.314 pelanggan Commuter Line dan KA Lokal yang dioperasikan oleh KAI Commuter.
Serta layanan lainnya seperti LRT Sumsel (220.805 pelanggan), KAI Wisata (12.549 pelanggan), KAI Bandara (308.771 pelanggan), Whoosh oleh KCIC (227.297 pelanggan), LRT Jabodebek (751.015 pelanggan), dan KA Makassar-Parepare (9.805 pelanggan).
Anne menuturkan, tingginya volume pelanggan ini merupakan bukti nyata keberhasilan integrasi layanan perkeretaapian nasional yang dijalankan oleh KAI Group bersama para entitas anak dan afiliasinya.
Tegas dia, masyarakat kini semakin dimudahkan dalam melakukan perjalanan antarkota maupun perkotaan dengan konektivitas yang terintegrasi antar moda.
“Keandalan, ketepatan waktu, serta peningkatan fasilitas menjadi kunci tercapainya kepuasan pelanggan selama musim mudik dan arus balik Lebaran tahun ini,” imbuhnya.