Mulai 1 Juli 2025, LRT Jabodebek Tambah Jumlah Perjalanan di Hari Kerja

Intime – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jumlah perjalanan dan operasional rangkaian LRT Jabodebek pada hari kerja mulai Selasa (1/7).

Kini, sebanyak 24 rangkaian dioperasikan setiap weekday, naik dari sebelumnya 22 rangkaian. Penambahan ini turut mendorong peningkatan jumlah perjalanan harian dari 366 menjadi 398 perjalanan pada hari kerja.

Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi menyampaikan bahwa peningkatan ini menjadi komitmen LRT Jabodebek dalam merespons kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

“Kami menyambut positif peningkatan jumlah pengguna LRT Jabodebek dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini menjadi semangat bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan, agar masyarakat semakin nyaman dalam bertransportasi menggunakan LRT Jabodebek,” ujar Purnomosidi

Headway pada jam sibuk juga semakin singkat, yakni 9 menit 25 detik untuk relasi Jatimulya / Harjamukti – Cawang (PP). Sedangkan untuk lintas Cawang – Dukuh Atas BNI waktu tunggu antar kereta berkurang menjadi 4 menit 12,5 detik.

Selain penambahan pada hari kerja, pada hari Sabtu, jumlah rangkaian yang dioperasikan juga ditambah menjadi 20 rangkaian, dari sebelumnya 18 rangkaian.

Hal ini juga menjadikan jumlah perjalanan turut meningkat dari 270 menjadi 326 perjalanan. Sementara pada hari Minggu, jumlah perjalanan tetap 270, dan jadwal pada hari libur nasional atau cuti bersama mengikuti jadwal hari Minggu.

Selama periode 1 Maret hingga 30 Juni 2025, saat 366 perjalanan diberlakukan, rata-rata pengguna harian LRT Jabodebek pada hari kerja mencapai 95.586 pengguna, naik sekitar 10% dibandingkan periode 1 November 2024– 28 Februari 2025 yang mencatat rata-rata 86.784 pengguna pada hari kerja.

Kenaikan ini menunjukkan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap layanan LRT Jabodebek dan turut mendorong penambahan perjalanan agar mobilitas pengguna semakin terfasilitasi.

Dengan penambahan jumlah perjalanan ini, LRT Jabodebek berharap dapat melayani lebih banyak pengguna sekaligus meningkatkan kenyamanan dalam setiap perjalanan.

Peningkatan ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan KAI untuk menyediakan transportasi publik yang andal, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat Jabodetabek.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Indonesia Terkini