Intime – Junior Chamber International (JCI) Indonesia melalui JCI Jayakarta dan JCI Femme menggelar kampanye Yellow Ribbon Kids Cancer Awareness di EMC Alam Sutera, Tangerang, Banten.
Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker anak serta mendorong deteksi dini dan pencegahan.
Yellow Ribbon, yang menjadi simbol harapan dan dukungan, digunakan sebagai bentuk empati terhadap para pejuang kanker, termasuk anak-anak.
“Melalui simbol ini, kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengambil bagian dalam gerakan sosial yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap isu kanker anak di Indonesia,” jelas pernyataan resmi JCI Indonesia di Jakarta, Senin (21/7).
Menurut JCI Indonesia, masih banyak masyarakat yang belum memahami tingkat keparahan kanker pada anak-anak (di bawah 18 tahun). Kampanye ini hadir untuk mengedukasi pentingnya deteksi dini, pencegahan, serta dukungan bagi anak-anak penderita kanker.
“Inisiatif ini menyasar para orang tua dan masyarakat umum melalui kegiatan edukatif dan interaktif, serta menggandeng Yayasan Kanker Anak Indonesia dalam upaya bersama menggalang dukungan,” lanjutnya.
Tujuan kampanye Yellow Ribbon Kids Cancer Awareness yakni meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker anak, khususnya leukemia. memberikan edukasi kepada orang tua untuk mengenali gejala awal kanker pada anak agar penanganan lebih cepat dan tepat.
Kemudian, mengurangi keterlambatan diagnosis akibat kurangnya informasi tentang kanker anak serta mendorong penerimaan masyarakat terhadap anak-anak dengan kanker sebagai bagian dari komunitas yang perlu didukung.
Kampanye ini diharapkan dapat membuka mata masyarakat akan pentingnya peran bersama dalam membantu anak-anak penderita kanker mendapatkan penanganan yang lebih baik di masa depan.